Aplikasi Pupuk Hayati BioBoos pada Sawit

Keuntungan penggunaan BioBoos untuk Sawit :

Hemat pupuk ( kimia, kompos / kandang ) sampai dengan 50%. Meningkatkan produksi TBS ( Tandan Buah Segar ). Tandan buah relatif lebih besar. Masa produktif tanaman menjadi panjang.





Pembibitan:



Larutkan 1 liter BioBoos dengan air 50 s/d 100 liter. Siramkan / semprotkan larutan yang telah diencerkan pada kecambah tanaman saat umur 10 s/d 15 hari ( 1 liter BioBoos bisa digunakan untuk 250 batang pohon sawit ). Selanjutnya lakukan pemupukan setiap bulan dengan dosis yang sama sampai usia 16 bulan. Pupuk kimia bisa diberikan setelah 3-5 hari setelah pemberian Pupuk Hayati BioBoos.



Pemberian Pupuk Hayati BioBoos saat sawit belum menghasilkan :



Untuk 1 Ha dibutuhkan 2 liter BioBoos setiap kali Aplikasi ( 2 liter di campur 100 s/d 200 liter air ). Sebelumnya buat 4 lubang ( 4 arah mata angin ) disekitar poko pohon sawit dengan kedalaman 20 cm dan diameter 5 cm. Tujuannya agar mikro organisme bisa langsung mendekati ujung akar sawit didalam tanah. Campur 10-15 ml BioBoos ( 1 tutup ) dengan 1 liter air. Tuang pada setiap lubang 250 ml larutan BioBoos ( 1 liter larutan untuk 4 lobang / 1 pohon ). Jarak lubang dari batang sekitar 1/2 tajuk ( 1 tajuk adalah jarak dari batang ke ujung daun terluar ) atau sekitar 1,5 m dari batang. Ulangi pemberian Pupuk Hayati BioBoos setiap 3 bulan sekali.



Pemberian pupuk hayati BioBoos saat sawit sudah produktif ( 3-25 bulan ) :

Untuk 1 Ha dibutuhkan sekitar 3 liter BioBoos setiap kali aplikasi. Buat 4 lubang ( 4 arah mata angin ) dengan kedalaman 20 cm dan diameter 5 cm selanjutnya sama seperti di atas. Ulangi setiap 4 bulan sekali.

Pupuk Kimia : 

Pupuk Kimia tetap diberikan sebagaimana biasa, jadwal frekuensi dan dosis pemberian pupuk sesuai dengan anjuran PPL setempat, hanya saja dosis dapat dikurangi s/d 50% dan waktu pemberian diusahakan minimal berjarak 3-5 hari setelah pemberian Pupuk Hayati BioBoos.

BioBoos diberikan setiap 10 hari sekali sampai dengan bibit berusia 16 bulan. Pada bulan ketiga bisa terlihat bibit yang dikembangkan dengan pemberian Pupuk Hayati BioBoos akan tumbuh lebih cepat dan sehat.

Sedangkan untuk pohon sawit yang sudah tua, karena pemupukan dilakukan 2-3 bulan sekali, maka perubahannya akan terlihat secara bertahap. Jika Pupuk Hayati BioBoos diaplikasikan pada tanaman keras seperti sawit yang sudah berusia 10 tahun, maka efek dari penggunaannya akan bervariasi secara bertahap tergantung kelengkapan unsur Hara yang ada dalam lahan tanah perkebunan tersebut dan respon tanaman. 

Ada yang 7 hari sudah terlihat perbedaannya dari warna daun dan ada juga setelah 2 minggu / satu bulan baru terlihat. Akan tetapi, biasanya terjadi peningkatan buah tandan sekitar 20-30%.

Salam Sukses....